admin@georgiatapertliving.com
081290789010

Mitos dan Fakta Penyakit Asam Urat

    Home / Tentang Penyakit dan Kesehatan / Mitos dan Fakta Penyakit Asam Urat

Mitos dan Fakta Penyakit Asam Urat

0
Mengatasi Asam Urat

Waspada Nyeri Asam Urat

Penyakit asam urat adalah penyakit tertua yang telah dikenal masyarakat sejak 2000 tahun lalu. Pada zaman dahulu penyakit asam urat dikenal sebagai penyakit orang kaya, karena hanya menyerang orang orang dari kalangan atas saja. Sehingga penyakit ini disebut sebagai penyakit raja (The King Disease). Namun, belakangan ini penyakit asam urat tidak hanya menyerang kaum menengah ke atas saja. Masyarakat menengah ke bawah pun bisa juga menderita penyakit ini.

Penyakit asam urat terjadi karena terlalu banyak asam urat dalam tubuh, yang dimana zat asam urat ini berasal dari purin yang terkandung dalam makanan yang sehari hari kita konsumsi. Ada banyak sekali mitos dan fakta yang beredar di masyarakat seputar asam urat, berikut beberapa mitos dan fakta itu antara lain:

Asam Urat Tidak Perlu Diobati
Ini adalah mitos. Gejala gejala serangan nyeri sendi mungkin bisa hilang dalam beberapa hari meski tanpa diobati. Namun, faktor resiko utama (hyperuricemia) masih bisa kambuh lagi bahkan lebih sering. Potensi efek jangka panjang dari nyeri sendi dapat mencakup kerusakan sendi dalam beberapa kasus.

Nyeri Sendi Adalah Kondisi Yang Langka
Ini adalah mitos. Menurut Survei Pemeriksaan III (1988-1994) Badan Kesehatan dan Gizi Nasional, diperkirakan sekitar 5,1 juta orang hidup dengan penyakit nyeri sendi. Ini adalah penyakit paling umum dari artritis inflamasi pada pria usia di atas 40 tahun.

Nyeri Sendi Adalah Salah Satu Kondisi Medis Yang Paling Menyakitkan
Ini adalah fakta. Nyeri sendi akibat asam urat lebih sakit daripada rasa nyeri saat akan melahirkan atau patah tulang, rasanya seperti ditusuk tusuk jarum.

Nyeri Sendi Diakibatkan Oleh Penumpukan Asam Urat Dalam Aliran Darah
Ini adalah fakta. Faktor resiko utama nyeri sendi adalah adanya penumpukan asam urat dalam aliran darah. Kondisi ini dikenal sebagai hyperuricemia.

Nyeri Sendi Berkurang Saat Mengalami Luka
Ini adalah mitos. Mungkin penderita nyeri sendi akan melupakan penyakitnya karena ada serangan lain yang lebih menyakitkan. Tapi, setelah serangan lain itu hilang mungkin Anda akan merasakan nyeri sendi lagi.

Efek Jangka Panjang Nyeri Sendi Dapat Dikurangi Dengan Kontrol Asam Urat
Ini adalah fakta. Pengobatan asam urat melibatkan kontrol hyperuricemia. Menurunkan kadar asam dapat membantu mengurangi resiko serangan di masa depan, serta melindungi diri dari kristal asam urat di sekitar sendi yang dapat menyebabkan kerusakan sendi jangka panjang.

Nyeri Sendi Disebabkan Oleh Makan Dan Minum yang Berlebihan
Ini adalah mitos. Makan berlebihan, minum alkohol, atau makan diet kaya purin berkontribusi terhadap penumpukan asam urat dalam aliran darah. Namun, ada faktor resiko potensial lainnya untuk nyeri sendi yang tidak berhibungan dengan diet.

Diet Obesitas Dapat Menurunkan Asam Urat
Ini adalah mitos. Diet yang dirancang untuk menurunkan berat badan secara cepat atau ekstrim dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Latihan dan diet seimbang yang sehat memungkinkan Anda untuk menurunkan berat badan secara bertahap. Konsultasikan dengan dokter tentang rencana diet yang sehat.

Nyeri Sendi Akibat Asam Urat Biasanya Pertama Kali Menyerang Daerah Jempol Kaki
Ini adalah fakta. Sekitar 90% orang dengan nyeri sendi telah melaporkan keluhan nyeri di bagian jempol kaki. Namun, meskipun demikian nyeri sendi akibat asam urat juga bisa menyerang daerah tangan, siku dan lutut.

Baca juga cara mengobati asam urat secara alami.

Resiko Serangan Asam Urat Hilang Timbul Dengan Rasa Nyeri Tertentu
Ini adalah fakta. Tingkat asam urat tinggi (hyperuricemia) adalah faktor risiko utama untuk nyeri sendi, dan semakin tinggi tingkat asam urat dalam darah Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk memiliki serangan yang menyakitkan.

Asam urat memang dapat menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa samapi dapat mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, penyakit ini harus segera diatasi dan diobati, karena apabila dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi lain yang lebih berbahaya. Anda dapat mengatasi penyakit asam urat Anda melalui pengobatan medis ataupun pengobatan herbal serta jaga asupan makan anda.

It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *