admin@georgiatapertliving.com
081290789010

Khasiat Jambu Biji Untuk Kesehatan Diri Kita

    Home / Manfaat Buah-Buahan / Khasiat Jambu Biji Untuk Kesehatan Diri Kita

Khasiat Jambu Biji Untuk Kesehatan Diri Kita

0
Manfaat Jambu Biji

Jambu Biji

Jambu biji ternyata memiliki banyak khasiat yang jarang diketahui oleh orang banyak. Sebenarnya, Khasiat jambu biji sudah sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam pengobatan tradisional, seperti salah satunya yang sering kita dengar adalah untuk mengobati batuk dan diare.

Jambu biji sendiri berasal dari Brasil yang kemudian tersebar ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji sendiri memiliki nama latin Psidium Guajava. Ada beberapa jenis jambu biji yang kita kenal yaitu jambu biji kristal Thailand, jambu tanjung barat, jambu biji getas merah, jambu australia, jambu sukun, jambu bangkok dan jambu kristal.

Jenis-jenis tersebut memiliki rasa dan bentuk yang berbeda-beda. Misalnya jambu bangkok dengan jambu kristal. Jambu bangkok memiliki ukuran yang lebih besar, terutama saat matang sedangkan jambu kristal memiliki bentuk lebih kecil dan nyaris tanpa biji didalamnya.

Kandungan dan Khasiat Jambu Biji yang Baik Untuk Kesehatan

Umumnya masyarakat Indonesia mengenal khasiat jambu biji dilhat dari fungsinya, namun terlepas dari itu, ada kandungan dalam jambu biji yang membuat buah daerah tropis ini begitu bermanfaat. Jambu biji sendiri sering dikonsumsi secara langsung maupun diekstrak seperti pada minuman jus ataupun minuman kalengan lainya.

Tidak hanya itu, jambu biji kaya akan nilai gizi misalnya dalam 100 gr buah jambu biji mengandung 49 kalori energi, 0,9 gram protein, 0,3 gram lemak, 12,1 gram karbohidrat, 5,6 gram serat, 14 miligram kalsium, 28 miligram fosfor, 1,1 zat besi, vitamin b1 dan c serta air sebanyak 86 gram. Nah, dari kandungan diatas, banyak manfaat yang bisa kita dapat dari buah jambu biji.

Manfaat buah jambu biji yang pertama adalah untuk menyembuhkan infeksi. Jambu biji sangat bermanfaat untuk mengobati infeksi dikarenakan jambu biji mengandung vitamin c sebanyak 87 miligram. Oleh karena itu, ketika mengkonsumsi jambu biji disaat kondisi pemulihan dari sakit, tubuh akan cepat membaik. Khasiat jambu biji yang kedua adalah mencegah kanker.

Selain kaya akan vitamin c, jambu biji juga mengandung senyawa flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker khususnya kanker paru-paru, prostat, payudara serta usus besar. Kemudian, untuk mengobati penyakit jantung koroner. Kandungan asam dalam jambu biji seperti asam elagat, asam linoleat, asam karbigen, serta kandungan serat yang tinggi dapat mengikat lemak yang dapat memicu kanker koroner.

Khasiat yang keempat adalah mengatasi diabetes dan menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan serta serta kalium dalam jambu biji berkhasiat untuk menurunkan kadar glukosa darah serta dapat mengikat lemak sehingga sangat baik untuk mengobati diabetes serta tekanan darah tinggi.

Khasiat jambu biji yang lain adalah untuk menaikkan kadar trombosit dalam darah. Sangat cocok dikonsumsi bagi penderita demam berdarah. Seperti yang kita tahu bahwa trombosit sendiri merupakan kepingan darah hidup hanya sekitar 9 hari lalu digantikan oleh trombosit yang lain.

Mengkonsumsi jambu biji sangat baik untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Jika kekurangan trombosit dalam darah ketika terjadinya luka maka akan mengalami pendarahan. Pendarahan yang berkelanjutan dapat menyebabkan kematian.

Kandungan air dalam jambu biji juga baik bagi tubuh. Jus jambu biji baik untuk dikonsumsi ketika mengalami dehidrasi. Untuk beberapa orang, mengkonsumsi jus lebih disukasi daripada air putih oleh karena itu jus jambu biji sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari. Dengan memanfaatkan khasiat jambu biji diikuti dengan olahraga serta tidur yang teratur, kesehatan tubu dapat terpelihara.

It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *